Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa
DOI:
https://doi.org/10.36709/japend.v4i1.38Keywords:
media sosial, perilaku sopan , tiktokAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh media sosial tiktok terhadap perilaku siswa kelas XI. Metode yang digunakan kuantitatif pendekatan replikasi dari penelitian sebelumnya. Lokasi penelitian yaitu Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10 Padang, Provinsi Sumatera Barat. Pengolahan data menggunakan Smart PLS 3 dan pengujian hipotesis pada penelitian ini dengan model SEM PLS dilakukan pada Structural Model Assessment yang menggunakan software Smart-PLS 3 dengan metode bootstrapping. Hasil penelitian ini adalah 1).Variabel media social tiktok 4,05 dengan TCR 81,1 % dengan kriteria sangat setuju. menggambarkan bahwa secara keseluruhan siswa merasa dapat menerima dengan baik kondisi media social tiktok sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi perilaku sopan santun siswa dalam belajar terlihat dari tingkat capaian responden bahwa rata-rata skor variabel perilaku sopan santun 3,77 dengan TCR 81,5% dengan kriteria sangat puas. 2) Hipotesis pengaruh media social tiktok terhadap perilaku sopan santun hipotesis pertama (H1) diterima yaitu media social tiktok berpengaruh positif terhadap perilaku sopan santun.
Downloads
References
Aji, W. N. (2018). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia, 431, 136.
Demmy, D., & Fathul, Q. (2018). Persepso Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Tiktok Jurusan Komunikasi dan FISIP. Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7.
E.B, G. A., & S.W, E. D. (2017). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Tingkat Kepekaan Sosial Di Usia Remaja Correlation Of Social Media Uses And Social Consciousness Level In Teenagers. Jurnal The Messenger, 9(1), 65. https://doi.org/10.26623/themessenger.v9i1.428.
Fajri, N., & Alfurqan, A. (2021). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat di Sekolah Dasar. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 5(2), 84-92.
Fatikhah, D., Suklani, & Mahfud. (2018). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Perilaku Sopan Santun Remaja Usia 13-17 Tahun Di Rw 08 Cadas Ngampar Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 115–132. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v3i2.3485
Firdaus, A., & Pramudiani, P. (2022). Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Sopan Santun Pada Siswa Usia Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1408–1416. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3211
Ghozali, Imam, & latan hengky. (2015). Partial Least Aquares Konsep,Teknik dan Aplikasi Smart PLS 2.0.
Handrianto, C., Jusoh, A. J., Nengsih, Y. K., Alfurqan, A., Muslim, M., & Tannoubi, A. (2021). Effective pedagogy in primary education: A review of current literatures. Abjadia, 6(2), 134-143.
Ilahin, N. (2022). Pengaruh Pengunaan Media Sosial Tik-Tok terhadap Karakter Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Ibtida’, 3(1), 112–119. https://doi.org/10.37850/ibtida.v3i1.300
Jr, joseph F. H., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks. In Sage.
Ma'ruf, A., & Alfurqan, A. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Kahoot sebagai Digital Game Based Learning dalam Evaluasi Pembelajaran PAI di SMA Negeri 2 Padang. AS-SABIQUN, 4(5), 1276-1287.
Masyhudi, F., & Samad, D. (2020, December). The Continuity of the Implementation of Family Education in Building Good Character Traits in the High-Achieving. In International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020), 493-500.
Risnawati, W. S., Purbasari, I., & Kironoratri, L. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa SD N 2 Temulus. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3029–3036. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.792
Safitri, G., Alfurqan, A., & Hidayat, A. (2023). Implementation of Human-Based Media in Islamic Education at SMA Pertiwi 1 Padang. PALAPA, 11(1), 481-498.
Salsabila, E. F., Hanggara, G. S., & Ariyanto, R. D. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa Smk Pgri 2 Kediri. Seminar Nasional Virtual, Konseling Kearifan Nusantara, 32–41.
Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif (Sutopo (ed.)). Alfabeta Bandung.
Susanti, N., & AlFurqan, A. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial Facebook terhadap Akhlak Ibu-Ibu Rumah Tangga di Kampung Durian Kandang. AS-SABIQUN, 4(5), 1362-1374.
Wahyudi, M. A. (2021). Dampak Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Di Dusun Tugu, Desa Ngromo, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan. Jurnal of Multidisciplinary Studies, 5(2).