Penanaman Nilai Kesederhanaan Sejak Dini dalam Perspektif Hadits

Authors

  • Nur Amini STKIP PGRI Metro
  • Yosi Melda Sari STKIP PGRI Metro

DOI:

https://doi.org/10.36709/japend.v3i2.4

Keywords:

anak usia dini, hadits, nilai kesederhanaan.

Abstract

Penanaman nilai kesederhanaan diwujudkan dengan penguatan Pendidikan karakter sejak dini, penerapan pola hidup berlebihan dan bermewah-mewahan bagi anak usia dini, sehingga berdampak buruk terhadap pembentukan karakter anak yang jauh dari prilaku sederhana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat serta proses pembelajaran penanaman nilai kesederhanaan sejak dini dalam persepktif hadis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Dalam penelitian kualitatif yang menjadi subjek yaitu kepala sekolah, dua orang guru, dan anak-anak dari TK Islam Terpadu An-Najah. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa proses penanaman nilai kesederhanaan dilakukan dengan membacakan hadits secara bersama-sama, menyanyikan hadits yang berkenaan dengan nilai kesederhanaan dan juga menjelaskan hadits mengenai pola hidup sederhana dengan menceritakan maksud dari hadits yang dimaksud agar anak mudah memahami dan merasa tertarik atas materi yang diajarkan. Kegiatan tersebut memberikan banyak manfaat. Diantaranya anak-anak dibiasakan untuk melakukan pola hidup yang sederhana dan tidak berlebihan. Merasa cukup atas apapun yang dimiliki saat ini. Serta memanfaatkan secara kreatif barang-barang yang dimiliki, dan selalu merasa bersyukur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aerin, W. (2020). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini Berdasarkan Hadis Nabi SAW. Jurnal Penelitian Agama UIN SAIZU, 21(2).

Alfatih, S. D. (2015). Ulumul Hadits. Kalimedia.

Anwar, D. (2003). Kamus Lengkap Terbaru Bahasa Indonesia Terbaru. Amola.

Chasanah, U. (2018). Urgensi Pendidikan Hadis dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Living Hadis UIN Sunan Kalijaga, 2(1).

Farida, Q. A. (2020). Eksistensi Kesederhanaan di Era Industri 4.0 dalam Bingkai Kehidupan Sufistik pada Santri Pondok Pesantren Kalisodo Bumi Nabung. Dimar : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Haikal, H. (2010). Dinamika Kesederhanaan dan Keteladanan Sang Guru. Millah : Jurnal Studi Agama UII, 9(2).

Halimah, L. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. PT Refika Aditama.

Hazlit, H. (2003). Dasar-dasar Moralitas. Pustaka Pelajar.

Isnaeni, R. F., & Suryadilaga, M. A. (2020). Pendidikan Hadis Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Studi Hadis Nusantara IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2(1).

Juwariyah. (2013). Pendidikan Karakter. Fakultas Ilmu Tarbiyah.

Munawar, & Rachman, B. (2019). Pendidikan Karakter (T. A. Foundation (ed.)).

Nuruddin. (2012). Ulumul Hadis. PT Remaja Rosdakarya.

Pambudi, H. T. (2015). Spiritualitas Kesederhanaan (Simplicity) Sebagai Alternatif Bagi Gaya Hidup Materialis Kaum Muda. Jurnal Youth Ministry STT Amanat Agung, 3(1).

Sapril. (2016). Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Pola Hidup Sederhana di Madin Al-Isnaini Montong Wasi. Jurnal Palapa, 4(1).

Sari, M. F., & Azima F. (2021). Metode Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Hadis. IJIGAEd : Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 2(1).

Siregar, K. I. (2013). Kesederhanaan Pribadi Nabi Muhammad dan Aplikasinya dalam Fakta Sosial (Sebuah Kajian Nilai Al-Qur’an dan Hadis). Journal Study Al-Qur’an UNJ, 9(1).

Soepiadhy, S. (2019). Rumah Dedikasi. Retrieved form https://soetantosoepiadhy.wordpress.com/

Stephen P, R. (2007). Perilaku Organisasi Buku. Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Amini, N. ., & Sari, Y. M. . (2022). Penanaman Nilai Kesederhanaan Sejak Dini dalam Perspektif Hadits. Jurnal Amal Pendidikan, 3(2), 134–145. https://doi.org/10.36709/japend.v3i2.4