Inovasi Pembelajaran Biologi melalui Pengembangan Modul Elektronik untuk Peserta Didik SMA/MA

Authors

  • Nurhayati Bedduside Universitas Negeri Makassar
  • Rifka Almunawarah Universitas Negeri Makassar
  • Rosdiana Ngitung Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.36709/japend.v3i2.1

Keywords:

flipbook, model pengembangan EDDIE, modul elektronik, penelitian dan pengembangan, sumber belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan validitas modul elektronik  menggunakan flipbook. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) serta model pengembangan EDDIE yang hanya sampai pada tahap pengembangan (development). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA/MA di Kabupaten Gowa. Data hasil penelitian ini diperoleh dari penilaian validator ahli dengan berbagai komponen penilaian terhadap modul elektronik yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa modul elektronik pada materi sel sebagai sumber belajar peserta didik SMA/MA yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid. Peneliti mengharapkan melanjutkan hingga tahap praktis dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahri A, Arifah N.A, Saparuddin, & Ahmad A. (2021). Pengembangan E-Modul Biologi untuk Siswa SMA Kelas XII. Prosiding Nasional Penguatan Riset, Inovasi, Dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19, 1276–1293.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembang Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Drajati, N. A. (2019). Pembelajaran Bahasa Inggris SMA/SMK/MA dengan Kerangka TPACK Teori & Praktik. Jawa Timur: Yuma Pustaka.

Hidayatun, N., Puguh, K., Umi, F., & Mujiyati. (2015). Penerapan E-Module Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Ekologi Siswa Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 . Jurnal Bioedukasi, 8(2), 28–32.

Kurniawan, C., & Dedi, K. (2021). Pengembangan E-modul Sebagai Media Literasi Digital pada Pembelajaran Abad 21. Jawa Timur: Academia Publication.

Najuah, Pristi, S. L., & Winna, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Niess, M. L. (2017). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Framework for K-12 Teacher Preparation:Emerging Research and Opportunities. Oregon State University.

Permatasari, E. A., Imam, M., & Kamalia, F. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi untuk Kelas XI MIPA SMA. Jurnal Saintifika. Jurnal Saintifika, 19(2), 57–65.

Rohmah, A. A., & Lilik, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-modul Biologi Berbasis HOTS pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya untuk Siswa SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 6(10), 407–412.

Saeful A.M. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software dan Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 11(1), 18–35.

Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Setiawan. (2017). Belajar dan Pembelajaran . Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian . Bandung: Alfabeta.

Suroya A.B, Mimien H.I.A, Triastono I.P, Wayan I.S, Lely M, & Zainal F. (2020). Pengembangan E-Modul Model Eksperiental Jelajah Alam Sekitar (EJAS) pada Materi Plantae. Jurnal Pendidikan Biologi UM , 12(1), 30–39.

Utami, D. A. F., & Laili, E. R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Pembelajar BIPA Tingkat A1. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(20), 280–286.

Widyaningrum, P., & Finisica D. P. (2021). Pengembangan E-Modul dengan Flipbook Maker KD. 3.6. Menganalisis Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel Kelas XI BDP di SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 9(1).

Wulandari, D. D., Putu, B. A., & Made, I. P. A. S. (2020). Penerapan E-modul Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 7(2), 66–80.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Bedduside, N., Almunawarah, R., & Ngitung, R. (2022). Inovasi Pembelajaran Biologi melalui Pengembangan Modul Elektronik untuk Peserta Didik SMA/MA . Jurnal Amal Pendidikan, 3(2), 95–109. https://doi.org/10.36709/japend.v3i2.1