Implementasi Manajemen Sarana Prasarana Dalam Menunjang Mutu Pembelajaran Di TK
DOI:
https://doi.org/10.36709/japend.v3i3.11Keywords:
manajemen, pendidikan anak usia dini, sarana dan prasaranaAbstract
Manajemen sarana dan prasarana merupakan faktor penting untuk menunjang keberhasilan proses berjalannya pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen sarana dan prasarana, faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen sarana dan prasarana dalam menunjang mutu pembelajaran di TK Insan Cita 1 Kabupaten Pandeglang-Banten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatam lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
1) perencanaan yang meliputi analisis kebutuhan menyeluruh, analisis situasi dan kondisi, dan memusyawarahkan rapat kerja yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru; 2) pelaksanaan meliputi pengadaan, penggunaan, dan pemeliharaan; 3) evaluasi melalui hasil rapa kerja; 4) faktor pendukung dalam implementasi manajemen sarana dan prasarana dalam menunjang mutu pembelajaran di TK Insan Cita 1, yaitu dengan menggunakan alat peraga untuk bahan ajar, baik itu alat peraga yang ada di dalam kelas maupun diluar kelas dengan memanfaatkan lingkungan yang ada. Faktor penghambat yaitu terbatasnya dana, sehingga bisa dikatakan bahwa manajemen sarana dan prasarana di TK Insan Cita 1 sudah cukup baik dan dapat terciptanya suasana belajar yang nyaman.
Downloads
References
Ananda, R., & Banurea, O. K. (2017). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita.
Anggraini, E. S., & Batubara, L. (2021). Evaluasi Pemenuhan Standar Minimal Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(1), 20-26.
Harsono, H. (2002). Implementasi kebijakan dan politik. Bandung: Mutiara Sumber Widya.
Isjoni. (2009). Guru sebagai Motivator Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurani, Y. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat: CV. Campustaka.
Nasrudin, E. (2010). Psikologi Manajemen. Bandung: Pustaka Setia
Majidah, S, K. (2019). Manajemen Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Paud Terpadu Mutiara Yogyakarta. Waladuna : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 88-101.
Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosda Karya.
Prihartono, A. W., & Sos, S. (2016). Surat kabar & konvergensi media (studi deskriptif kualitatif model konvergensi media pada Solopos). Jurnal Channel, 4(1), 105-106.
Rizka, D. S. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis akreditasi Lembaga. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 77-92.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Wahyuni, S. I. (2021). Manajemen Sarana Prasarana Di Ra Rahmah El Yunusiyyah Padang Panjang. Jurnal Tila, 1(1), 28 - 39.
Wiryawan, S. A. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.