Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi IPA Sekolah Dasar
Keywords:
game edukasi, media pembelajaran, pengembanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi dalam kegiatan pembelajaran secara daring di SDN Karang Tengah 6, mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi, dan mengetahui sejauh mana siswa memahami materi dengan menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembang atau Research and Development model Sugiyono. Partisipan dalam penelitian ini yaitu guru kelas VI dan siswa kelas VI Sekolah Dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, dan observasi. Penelitian ini mendapatkan hasil kelayakan ahli materi dan ahli media, dapat diketahui hasil ahli materi sebesar 80 dan hasil ahli media sebesar 82, 6. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh 94, 4 dan Hasil uji coba kelompok besar memperoleh 93, 4. Nilai tersebut termasuk dalam kriteria “sangat layak” untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dan respon guru serta siswa secara keseluruhan menunjukkan tanggapan yang baik terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi dalam kegiatan pembelajaran.
Downloads
References
Erfan, M., Widodo, A., Umar, U., Radiusman, R., & Ratu, T. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Kata Fisika” Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 31-46. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3642
Febliza, A. & Oktariani. (2020). Pengembangan Instrumen Literasi Digital Sekolah Siswa dan Guru. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 5(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v5i1.7776
Jayanti, W. E., Meilinda, E., & Fahriza, N. (2018). Game edukasi “Kids Learning” Sebagai Media Pembelajaran Dasar Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 6(1), 78-86.
Mohammad, H., Fayyoumi, A., & AlShathry, O. (2015). Do we have to prohibit the use of mobile phones in classrooms?. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 9(2), 54-57.
Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Purwono, H. (2018). Desain Game Edukasi Berbasis Android Pada Materi Logika Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 165-179. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.919
Rahman, R. A., & Tresnawati, D. (2016). Pengembangan game edukasi pengenalan nama hewan dan habitatnya dalam 3 bahasa sebagai media pembelajaran berbasis multimedia. Jurnal Algoritma, 13(1), 184-190. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.13-1.184
Salim, S., Ikman, I., Suhar, S., Kodirun, K., Pabunga, D. B., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan Pembuatan Blog Sebagai Media Dalam Pembelajaran SMK. Jurnal Berdaya Mandiri, 2(2), 336-344. https://doi.org/10.31316/jbm.v2i2.655
Saputra, H. N., & Salim, S. (2020). Potret Sikap Mahasiswa dalam Penggunaan Literasi Digital. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 94-101. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.667
Siswanto, Y., & Purnama, B. E. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Anak Kelas VI Sekolah Dasar. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 5(4), 32-37.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.144
Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hassil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1027-1038. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.835
Yunus, M., Astuti, I. F., & Khairina, D. M. (2015). Game Edukasi Matematika Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Informatika Mulawarman, 10(2), 59-64.