Efektivitas Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa
Keywords:
hasil belajar, inkuiri terbimbing, ipaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri 93 Kendari yang disebabkan oleh penggunaan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbentuk pretest- posttest control group design. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian menggunakan rumus gain score normalized dan dilanjutkan dengan independent sample t test variable. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tentang penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 93 Kendari maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil analisis statistik menggunakan uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 8,52 > 1,671. Hasil analisis ini mengandung makna bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Hal ini didukung dengan uji N-Gain yang menunjukkan peningkatan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan peningkatan rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu 0,87 > 0,42 dengan kriteria sedang pada kedua sampel. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif diterapkan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV dibandingkan model konvensional.
Downloads
References
Amijaya, L. S., Ramdani, & Merta, I, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA, 13(2). 94-98. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468
Anam, K. (2017). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djamarah. S. B., & Zain. A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Djufri, E., & Ardhian, T. (2021). The Influence Of Guided Inquiry Learning Model On Science Process Skills And Student Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 2(1), 1–14. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no1.a11047
Eggen, P., & Kaucak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Ketrampilan Berpikir Edisi Keenam. Terjemahan Satrio Wahono. Jakarta: PT Indeks.
Fathurrrohman, M. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Jundu, R., Tuwa, P., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103-111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-11
Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664
Pramesti, O. B., Supeno., & Astutik, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasi Ilmiah Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP), 4(1), 21-30.
Samatowa, U. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Supratiknyo, P. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Benda Terapung, Melayang dan Tenggelam Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(2), 290-301.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Syamsu, F. D. (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP Siswa Kelas VII Semester Genap. Bionatural, 4(2), 13-27.
Wulandari, F. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 267-278.