Penerapan Metode Scramble Untuk Meningkat Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Sartika STKIP Rokania
  • Sinta Nia STKIP Rokania
  • Rejeki STKIP Rokania

Keywords:

metode scramble, hasil belajar, tematik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode scramble terhadap hasil belajar tematik siswa kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini diharapkan dapat menambah referensi dan mendesain pembelajaran dengan metode scramble yang berhubungan dengan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini  adalah seluruh kelas VI SD Negeri 001 Bangun Purba sebanyak 48 Siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan metode scramble. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 76 dengan ketuntasan klasikal 75% meningkat pada siklus II menjadi 86 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. Sehingga dapat dikatakan hasil tes ulangan harian dinyatakan tuntas dan telah mencapai target penelitian. Kesimpulan hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan terbukti menjawab tujuan penelitian yaitu penerapan  metode scramble untuk meningkatkan pembelajaran Tematik di SD Negeri 001 Bangun Purba dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyanti, N. E. (2019). Keefektifan model scramble terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Journal of Education Research and Review, 2(2), 149 – 154.

Astuti, K. W. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Kecamatan Buleleng. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1 - 11.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 3(1), 34-44.

Fitriasari, R. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Pekalongan. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 6(2), 138 - 145.

Hamsah. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development. Malang: Literasi Nusantara.

Hartika, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan. Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan Universitas Banten Jaya, 1(1), 31 – 51.

Hermin, & Tri Wahyuni, P. D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sd. Edcomtech, 1(1), 129-136.

Hutabarat, L. (2017). Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Sd Negeri 012 Pagaran Tapah Darussalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Scramble Untuk Meningkatkan Hasil. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 117-126.

Isna, N. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match dengan Picture and Picture pada Siswa Kelas IV. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 160-169.

Majid, A. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Masdiana, Budiarsa, I.M., & Lamba, H. A. (2013). Penerapan Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Lingkungan Siswa Kelas I SDN 018 Letawa Kecamatan Sarjo Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(2), 190 - 124.

Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. FENOMENA, 4(1), 63-76.

Oktavia, Y. (2020). Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri 007 Tembilahan Hilir Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Asatiya, 1(2), 286 - 297.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sakti, P. B. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di SDN 1 Kragilan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 1 – 12.

Saridewi, N. P., & Kusmariyatni, N. N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas. Journal of Education Action Research, 1(3), 230–239. https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12687

Sudarmi. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1), 72 - 79.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, I. A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 90 - 103.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wantu, N. (2018). Penerapan Metode Scramble Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Berbahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 146 - 158.

Widyaningrum, R. (2012). Model Pembelajaran Tematik Di MI/SD. Cendekia, 10(1), 108 - 120.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Sartika, Nia , S., & Rejeki. (2022). Penerapan Metode Scramble Untuk Meningkat Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Amal Pendidikan, 3(3), 206–211. Retrieved from https://japend.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/17