Peran Dari Bimbingan dan Konseling Terhadap Perkembangan Sosial Pada Remaja
DOI:
https://doi.org/10.36709/japend.v4i2.46Keywords:
bimbingan dan konseling, pendidikan remaja, perkembangan sosial dan remajaAbstract
Penelitian ini akan berfokus dengan perkembangan sosial dari remaja. Pada masa ini perkembangan terus berlanjut dan menjadi awal bagi kehidupan sebelum menuju fase dewasa, data yang dikumpulkan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Dimana penelitian ini akan berfokus pada peran dari bimbingan konseling terhadap perkembangan sosial remaja. Setiap data yang dihasilkan akan dikumpulkan menjadi data baru dan dilihat hubunganya dengan masalah yang diteliti dimana pada penelitian ini berfokus pada tiga variabel sekaligus yang saling berhubungan yaitu bimbingan dan konseling, perkembangan sosial dan remaja. Dimana setiap variabel saling terikat satuu sama lain dan memiliki peranya. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan remaya yaitu teman sebya, pola asuh orang tua dan media sosial. Setiap faktor harus disertai dengan bimbingan agar perkembangan remaja tidak tidak kerah yang meenyimpang karena pengaruh dari faktor-faktor tersebut mengarah kedua araah yaitu positif dan negatif agar pertumbuhan dan perkembangan remaja kearah yang positif maka dilakukanlah bimbingan
Kata kunci: Bimbingan dan konseling , Perkembangan sosial dan Remaja.
Downloads
References
Afrizal. A & Alghzali, R. D. (2023). Bimbingan Teman Sebaya untuk Mencegahan Penyimpangan Seksual Siswa. ISLAMIC COUNSELING Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 7(1), 61-80. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/jbk.v7i1.5471
Astuti, A. D. (2017). Optimalisasi Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menguatkan Nilai-Nilai Moral Remaja yang Berkarakter. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 2(1), 27–36.
Gulo, D., & Laia, B. (2023). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perencanaan Karier Siswa di SMK Negeri 1 Telukdalam Tahun Pelajaran 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 88-98. https://doi.org/https://doi.org/10.57094/faguru.v2i1.648
Hayati, F., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1809-1815.
Husni, M. (2017). Layanan Konseling Individual Remaja; Pendekatan Behaviorisme. Al-Ibrah, 2(2), 55-78.
Intarti. E. R. (2020). Peran Strategis Teman Sebaya Dalam Pembentukan Karakter Religius Remaja. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 342-351. https://doi.org/https://doi.org/10.51212/jdp.v13i3.2394
Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2017). Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2). https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.17641
Mulyati, D. S. (2019). Pengaruh Konseling Kognitif Perilaku Terhadap Aktualisasi diri Siswa. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 7(2), 141–166. https://doi.org/10.15575/irsyad.v7i2.876
Mustika, Y. S. K. M. A. R. (2023). Peran Bimbingan dan Konseling Dalam Menghadapi Anak Broken Home Korban Perceraian. Prosiding Seminar Nasional Literasi Dan Pedagogi (SRADA). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11575
Nurrizka, A. F. (2018). Peran Media Sosial Di Era Globalisasi Pada Remaja Di Surakarta (Suatu Kajian Teoritis Dan Praktis Terhadap Remaja Dalam Perspektif Perubahan Sosial). Jurnal Analisa Sosiologi, 5(1). https://doi.org/10.20961/jas.v5i1.18198
Okarniatif, A. A. M., & Suhaeb, F. W. (2023). Perilaku Gaya Hidup Konsumtif Pada Remaja Pengguna Media Sosial Instagram Di Desa Uloe Kabupaten Bone. E-Journal Jurnal Sosial Dan Kebudayaan, 7(1), 110-123.https://doi.org/https://doi.org/10.36653/jksb.v7i1.151
Prayitno. (1997). Pedoman Umum Bimbingan teman sebaya. Padang: Pengurus Besar IPBI.
Putra, A. R. B. (2015). Peran Guru Bimbingan Konseling Mengatasi Kenakalan Remaja di Sekolah. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 10(1), 32–39. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v10i1.597
Putri, F. R., & Aviani, Y. I. (2022). Pengaruh Penggunaan Sosial Media Terhadap Tingkat Stress pada Remaja Dimasa Pandemi. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(2), 110–114. https://doi.org/10.38035/rrj.v5i2.631
Rahmadani, U., & Rakimahwati, R. (2023). Pengaruh Pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match terhadap Perkembangan Sosial Emosioanl Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Islam Nurul Halim Nanggalo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 4507–4514. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6424
Rugayah, R., Gutji, N., & Wahyuni, H. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Perkembangan Sosial pada Masa Remaja di SMP Negeri 17 Kota Jambi. Journal on Education, 5(2), 2914–2922. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.941
Santoso, G., Salsabilla, E., Faznur, L. S., & Asbari, M. (2023). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya terhadap Karakter Cinta Damai Anak. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 107-113. https://doi.org/https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.129
Saripah, Ip., Albari, M. R., Pratiwi, T. I., Aulia, N., & Nadhirah. (2023). Perilaku Narsistik Remaja di Media Sosial dan Implikasinya bagi Bimbingan dan Konseling. NDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL COUNSELING, 7. https://doi.org/https://doi.org/10.30653/001.202371.256
Setiawan, H., Oktaviana, H., Andawas, F. D. D., Zulkarnaen, M. N., & Saripah, W. (2022). Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Pola Belajar Mahasiswa. Jurnal Digital Bisnis, Modal Manusia, Marketing, Entrepreneurship, Finance, & Strategi Bisnis (DImmensi), 2(1), 28. https://doi.org/10.32897/dimmensi.v2i1.1181
Shertzer, B & Stone-Shelley, C. (1971). Fundamental Of Guidance. New York: Houghton Mifflin Company.
Surono, R. N., & Lestari, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ilmi Kota Banjarbaru. Padaringan (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 4(1), 7. https://doi.org/10.20527/padaringan.v4i1.4685
Syamsu Yusuf L.N, A. J. N. (2011). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT. Remaja Rosdakarya.
Syamsu Yusuf L.N, N. M. S. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Depok: Rajawali Pres.
Utami, F. P. (2023). Peran Mindfulness Untuk Mengatasi Fear Of Missing Out (FoMO) Media Sosial Remaja Generasi Z : Tinjauan Literatur. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Borneo, 4(2). https://doi.org/10.35334/jbkb.v4i2.3261
Utomo, P., Prayogi, F., & Pahlevi, R. (2022). Bimbingan dan Konseling Keluarga: Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Anak. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(1), 35-50.
Willis, S. (2011). Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung: Bandung: Alfabeta.
Zogara, A. U., Loaloka, M. S., & Pantaleon, M. G. (2023). Teman Sebaya dan Aktivitas Fisik Kaitannya dengan Perilaku Diet pada Remaja Putri. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 12(03), 232–237. https://doi.org/10.33221/jikm.v12i03.2060