Kreativitas Menempel Melalui Teknik Kolase

Authors

  • Ismiatul Hasanah Universitas Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Nurhafit Kurniawan Universitas Universitas PGRI Argopuro Jember
  • A. Zulkarnain Ali Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.36709/japend.v4i2.57

Keywords:

kreativitas, menempel, teknik kolase

Abstract

Kreativitas adalah kemampuan untuk mencerminkan fluiditas, keluwesan dan orisinalitas berpikir setelah kemampuan merumuskan ide. Kontak dengan lingkungan adalah sumber kreativitas, yang merupakan ciri kepribadian yang mendasar. Lingkungan sosial tempat orang berinteraksi dapat menumbuhkan kreativitas, tetapi ada juga situasi yang membatasi perkembangan kreativitas pribadi. Orang menggunakan kreativitas mereka untuk memecahkan tantangan yang muncul dari interaksi dengan lingkungan mereka dan untuk menemukan solusi kreatif untuk mencapai adaptasi diri yang kuat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “deskripsi kreativitas anak didik secara jelas, lengkap, dan benar dalam kegiatan teknik kolase tempel di TK Miftahul Jannah Kabupaten Jember”. Metode Penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Metode deskriptif kualitatif digunakan sebagai bentuk dalam emmeperoleh gambaran di lapangan, dengan cara mendeskripsikan permasalahan dan focus penelitian. Metode kuantitatif digunakan muntuk menghitung data-data perhitungan (persentase). Hasil penelitian menghasilkan yaitu pada aspek kesesuaian bentuk memiliki persentase sebesar 82,2% dikategorikan cukup baik dan 5,8% dikategorikan sangat baik, sementara  dalam  aspek kerapian menempel yang dapat  dilihat  bahwa 76,5% berada pada kategori cukup baik dan sebesar 23,5% berada pada kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak. Dinamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 50-58. DOI: 10.30595/dinamika.v8i1.943

Azizah, S. N., Fatonah, I., Yuliwulandana, N., Rizqiyani, R., & Erviani, V. (2022). Upaya Meningkatkan Kreativitas Menggunakan Media Kolase Di Kelompok B TK Aisyiyah Kauman Metro. IJIGAEd Jurnal Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 2(2), 33-41. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/article/view/4743/2753

Chiang, M., Syukri, M., & Halida. (2016). Peningkatan Kreativitas Melalui Pembelajaran Kolase Dengan Menggunakan Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 Tahun. KHATULISTIWA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(9), 1-12. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i9.16385.

Gong, X., Zhang, X., & Tsang, M. C. (2020). Creativity development in preschoolers: The effects of children’s museum visits and other education environment factors. Studies in Educational Evaluation, 67(152), 100932. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100932

Heldanita, H. (2019). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.14421/jga.2018.31-05

Holis, A. (2017). Belajar melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(01), 23-37. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v10i1.84

Jahra, J., & Maula, L. H. & Nurasiah, I. (2022). Peningkatan Karakteristik Siswa melalui Teknik Kolase pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 877-883. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2668

Kasta, A. (2019). Peningkatan Kreativitas Seni Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Daun Pisang di TK Aisyiyah Talaok. JRTI: Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 4(1), 126-131. https://doi.org/10.29210/3003297000

Munisah, E. (2020). Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. Edukasi Lingua Sastra, 18(2), 73-84. https://doi.org/10.47637/elsa.v18i2.273

Nurhidayah, S., & Utami, F. (2023). Stimulasi Karakter Komunikatid dan Rasa Ingin Tahu Anak Usia (1-3) Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 527-535. DOI: 10.31004/obsesi.v7i1.3499

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalu Kreativtas Bermain. COPE: Caraka Olah Pikir Educatif, 2(1), 41-47. https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i2.2913

Sari, D. I. P. (2020). Journal of Early Childhood Education Papers Building Creative Thinking Skills in Young Children Aged 3-4 Year’s Old Through Reading Storybooks. Journal of Early Childhood Education Papers, 9(2), 165–168. https://dx.doi.org/10.15294/belia.v9i2.53855

Sari, R. P. (2017). Kreativitas Bermain Anak Usia Dini. Jurnal Pustaka: Media Kajian dan Pemikiran Islam, 5(1), 1-27. https://doi.org/10.35897/ps.v5i1.105

Suryadi. (2014). Kiat Jitu Dalam Mendidik Anak. Jakarta: Dani Jaya Abadi

Sulaiman, W. (2022). Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3953-3966. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2418.

Suryana, E., Hamdani, M. I., Bonita, E., & Harto, K. (2022). The Golden Age: Perkembangan Anak Usia Dini dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 218-228. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i2.5537

Walshe, N., Lee, E., & Smith, M. J. (2020). Supporting Children’s Well-being with Art in Nature: Artist Pedagogue Perceptions. Journal of Education for Sustainable Development, 14(1), 98–112. https://doi.org/10.1177/0973408220930708.

Yunita, L. & Eliza, D. (2021). Perkembangan Personality dan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9671-9678. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2487

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Hasanah, I. ., Kurniawan, N. ., & Ali, A. Z. (2023). Kreativitas Menempel Melalui Teknik Kolase . Jurnal Amal Pendidikan, 4(2), 107–115. https://doi.org/10.36709/japend.v4i2.57

Issue

Section

Articles