Implementasi Kegiatan Mewarnai dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak

Authors

  • Siti Fatimatus Zahro Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Basuki Hadi Prayogo Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Muhammad Agus Sugiarto Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.36709/japend.v4i2.59

Keywords:

meningkatkan, mewarnai, motorik halus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motoric halus anak TK Harapan melalui implemetasi kegiatan mewarnai. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah anak didik di TK Harapan yang berjumlah 16 orang anak terdiri dari 9 orang anak perempuan dan 7 orang anak laki-laki. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dan kulitatif. Berdasarkan hasil analisis dari data-data yang dioleh dalam penelitian ini, dapat dilihat bahwa implementasi kegiatan mewarnai yang dilakukan memiliki pengaruh terhadap peningkatan kemampuan motorik halus anak. Peningkatan motorik halus tersebut terjadi pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I anak-anak yang memenuhi indicator keberhasilan sebanyak 3 murid atau 18,75%. Pada siklus II meningkat menjadi 14 murid atau sebesar 87,5%. Karena pada siklus II berada pada persentase sebesar 87,5% dan memenuhi indicator keberhasilan sehingga tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya, sehingga dapat disumpulkan bahwa implementasi kegiatan mewarnai dapat meningkatkan motorik halus ana di TK harapan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, M. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598.

Ariani, I., Lubis, R. N., Sari, S. H., Fransisca, Y. & Nasution, F. (2022). Perkembangan Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 12347-12354. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10444

Atabik, Ahmad. (2014). Pendidikan Dan Pengembangan Potensi Anak Usia Dini. Thufula Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Potensi Anak Usia Dini, 2(1), 149-166. http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4270.

Darmiatun, S., & Mayar, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247-257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327

Efendi, S. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA NW Keruak Lombok Timur. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 23–43. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i1.157

Hayati, S. N. & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52-64. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985

Husnaini, N. & Jumrah. (2019). Kegiatan Mewarnai Sebagai Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal, 3(2), 112-133. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/4477

Karunia, I. (2019). Pengaruh Kegiatan Mewarnai Gambar terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B di Pendidikan Anak Usia Dini Bukit Selanjut Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 65-77. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v2i1.8986

Lestariani, L. P., Mahadewi, L. P. P., & Antara, P. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tari Kreatif terhadap Kemampuan Motorik Kasar Kelompok B Gugus I Kecamatan Banjar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 236–245. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.19010.

Lisa, M., Mustika, A., & Lathifah, N. S. (2020). Alat Permainan Edukasi (APE) Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Kesehatan, 11(1), 125-132. https://doi.org/10.26630/jk.v11i1.1584.

Lubis, H. Z., Fadila, R., Daulay, MMF., & Fadhillah, N. (2022). Stimulasi Kegiatan Mewarnai Untuk Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pema Tarbiyah, 1(1), 11-19. http://dx.doi.org/10.30829/pema.v1i1.1463.

Murni. (2017). Perkembangan Fisik, Kognitif, Dan Psikososial Pada Masa Kanak-Kanak Awal 2-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 3(1), 19-33. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v3i1.2042

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686-697. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Pratiwi, D. A., & Rahmah, L. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Main Peran untuk Mengembangkan Motorik Halus AUD. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 181–190. https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-04

Saadah, N., Khairi, R., Anggraini, M. S., & Fajri, Y. (2023). Meningkatkan Motorik Halus Anak melalui Metode Mewarnai di Ra An-Nur. Ceria: Jurna; Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 81-96. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9024

Septiani, F. I., Purnama, W., & Sumitra, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kreatifitas Seni. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(3), 74-83. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i3.p74-83

Warnida, W. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai di Kelompok B1 TK Berkah Kota Jambi Tahun 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 132-140. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.133

Wisudayanti, K. A. (2017). Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 1(2), 8-13. https://doi.org/10.55115/purwadita.v1i2.200

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Zahro, S. F. ., Prayogo, B. H. ., & Sugiarto, M. A. . (2023). Implementasi Kegiatan Mewarnai dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak . Jurnal Amal Pendidikan, 4(2), 126–134. https://doi.org/10.36709/japend.v4i2.59

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)