Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3

Authors

  • Muh. Fahril Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Armadani Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Riska Aprilia Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Hendra Nelva Saputra Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.36709/japend.v4i1.63

Keywords:

articulate storyline 3, media pembelajaran, pengembangan

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate storyline 3 di SMK Negeri 1 Mawasangka Tengah. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Lee & Owens yang terdiri dari empat tahap, yaitu assesment/analysis, design, development & implementation, dan evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner yang berisi pernyataan tentang pembelajaran yang dilakukan dan penggunaan media pembelajaran. Pengolahan data kuesioner dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Hasil uji validasi oleh ahli media pembelajaran memperoleh persentase 86,37%, artinya dikategorikan layak. Penilaian dari ahli materi memperoleh persentase 83,5% yang dikategorikan sangat layak untuk digunakan. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran menggunakan articulate storyline 3 di SMK Negeri 1 Mawasangka dikategorikan sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Media pembelajaran interaktif dapat menampilkan video, teks, audio, gambar, dan animasi sehingga peserta didik dapat melihat, membaca, dan mendengarkan serta dapat berinteraksi dengan media pembelajaran secara langsung sehingga peserta didik aktif dalam menerima mata pelajaran yang diberikan pendidik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armansyah, F., Sulton, & Sulthoni. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224-229. http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i32019p224

Khusnah, N., Sulasteri, S., Suharti, S., & Nur, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Jimat Menggunakan Articulate Storyline. Jurnal Analisa, 6(2), 197-208. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.9603

Kurniawati, W., Ismatulloh, K., & Kholisho, Y. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X TKJ. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(2), 74-83. https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i2.922

Lakeisha, Z. M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development (R n D). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Lee, W., W., & Owens, D., L. (2004). Multimedia Based Instructional Design, Second Edition. San Francisco: Preiffer.

Nugraha, G. N. S., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika Berorientasi Kearifan Lokal Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 1 Paket Agung. Jurnal Edutech Undiksha, 7(1), 12-22.

Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Permanasari, L. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Terhadap Motivasi Belajar Mahapeserta didik. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(2), 99-109.

Purba, M. (2021). Desain Multimedia Interaktif Pengenalan Perangkat Keras Personal Komputer. Network Engineering Research Operation, 6(1), 25-30. http://dx.doi.org/10.21107/nero.v6i1.196

Saputra, H. N., & Salim, S. (2021). Analysis of the Multimedia Use of Primary Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2535-2544. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.673

Salim, S., Ikman, I., Suhar, S., Kodirun, K., Pabunga, D. B., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan Pembuatan Blog Sebagai Media Dalam Pembelajaran SMK. Jurnal Berdaya Mandiri, 2(2), 336-344. https://doi.org/10.31316/jbm.v2i2.655

Sari, A. P., & Marlena, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Administrasi Transaksi pada Siswa SMK. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 4102-4115. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2623

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9-15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732.

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate Storyline: Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sel. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 19-25.

Wahyudiani, E., Rasyid, H., & Saputra, H. N. (2020). Interactive Multimedia as Computer Assembly Visualization Media. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 2(1), 35-41. http://dx.doi.org/10.23960/jpvti.v2.i1.202005

Wahyuni, I. S., Supriadi, S., Zakir, S. & Iswantir, I. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Kecamatan Guguak. COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(9), 623-637.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Muh. Fahril, Armadani, Riska Aprilia, & Saputra, H. N. . (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3. Jurnal Amal Pendidikan, 4(1), 79–84. https://doi.org/10.36709/japend.v4i1.63