Hubungan Antara Kecemasan Akademik Dengan Self-Regulated Learning Siswa
DOI:
https://doi.org/10.36709/japend.v4i1.22Keywords:
kecemasan akademik, self-regulated learning, siswaAbstract
pembelajaran tidak dapat dilakukan secara tatap muka, namun pembelajaran dilakukan melalui media daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecemasan akademik dengan Self-regulated learning pada siswa SMK Negeri 1 Kendari di masa pandemi. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas 11 di SMK Negeri 1 Kendari dengan sampel yang berjumlah 93 siswa. Jenis penelitian berupa penelitian kuantitatif korelasional. Data penelitian diukur dengan menggunakan skala kecemasan akademik dan skala Self-regulated learning. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan antara kecemasan akademik dengan Self-regulated learning pada siswa SMK Negeri 1 Kendari di masa pandemi
Downloads
References
Adicondro, N., & Purnamasari, A. (2011). Efikasi diri, dukungan sosial keluarga dan self regulated learning pada siswa kelas VIII. Indonesian Psychological Journal, 8(1), 18-27. http://dx.doi.org/10.26555/humanitas.v8i1.448
Alfina, I. (2014). Hubungan self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada siswa akselerasi. Jurnal Psikologi, 2(2), 227-237.
Ali, E. S., Kurniawati, Y., & Nurwanti, R. (2016). Peran impostor syndrome dalam menjelaskan kecemasan akademik pada mahasiswa baru. Mediapsi, 1(1), 1-9.
Astuti, & Resminingsih. (2010). Pelayanan konseling pada satuan pendidikan menengah. Jilid I. Jakarta: Grasindo
Azyz, A. N. M., Huda, M. Q., & Atmasari, L. (2019). School well-being dan kecemasan akademik pada mahasiswa. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 3(1), 18-35. https://doi.org/10.30762/happiness.v3i1.350
Boekaerts, M., Pintrich, P. R., & Zeidner, M. (2005). Handbook of self-regulation learning. Elsevier.
Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. (2020). The psychological impact of the covid-19 epidemic on college stu-dents in china. Psychiatry Research, 287(112934), 1–5. https://doi.org/ 10.1016/j.psychres.2020.112934
Chaterine, R. N. (2020). Siswa belajar dari rumah, KPAI: Anak-anak stres dikasih banyak tugas. Detik News. Retrieved January 21, 2023 from https://news.detik.com/berita/d-4944071/siswabelajar-dari-rumah-kpai-anak-anak-stres-dikasihbanyak-tugas
Etiafani, E., & Listiara, A. (2015). Self-regulated learning dan kecemasan akademik pada siswa SMK. Jurnal Empati, 4(4), 144-149.
Fasikhah, Suminarti. S., & Fatimah, S (2013). Self-regulated learning (SRL) dalam meningkatkan prestasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 145 - 155. https://doi.org/10.22219/jipt.v1i1.1364
Ishtifa, H. (2011). Pengaruh self-efficacy dan kecemasan akademik terhadap self-regulated dan learning siswa. (Universitas Islam Negeri Jakarta).
Lestari, W. D., Aisah, L. S., & Nurafifah, L. (2020). What is the relationship between self-regulated learning and students’ mathematical understanding in online lectures during the covid-19 pandemic?. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1).
Maqsood, A., & Tazvin, I. (2013). Development and validation of study anxiety for school students. Pakistan Journal of Social and Clinical Psychology, 11(1), 29-35.
Mardoh R. (2015) Efektivitas metode peer tutoring dalam meningkatkan self- regulated learning (SRL) siswa kelas X SMK negeri 1 Kalasan. (Universitas Negeri Yogyakarta).
Nasution, L. H., & Rola, F. (2011). Hubungan antara kecemasan akademik dengan academic self management pada siswa SMA kelas X Unggulan. Retrieved January 20, 2023 from https://fpsi.mercubuana-yogya.ac.id/wp-content/uploads/2012/06/Fasti-Rola-Kecemasan-Akademik.pdf
Nugraha, I., & Nurhasanah, N. (2018). Hubungan regulasi diri dengan kecemasan akademik pada siswa SMA negeri 1 Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 3(2).
Ottens, A.J. (1991). Coping with academic anxiety. New York: The Rosen Publishing Group.
Pratiwi, A. (2009). Hubungan antara kecemasan akademik dengan self-regulated learning pada siswa rintisan sekolah bertaraf internasional di SMA negeri 3 Surakarta. (Universitas Diponegoro).
Rahman, K., & Rahmandani, A. (2019). Hubungan antara kecanduan game online dengan kecemasan akademik pada mahasiswa pemain game online di game center kecamatan banyumanik, Kota Semarang. Jurnal Empati, 8(2), 153-157.
Sanitiara, Nazriati, E., & Firdaus. (2014). Hubungan kecemasan akademis dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun 2013/2014. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Kedokteran, 1(2), 1–9.
Suarti, N. A. K., Astuti, F. H., Gunawan I. M., Ahmad, H., & Abdurrahman (2020) Layanan informasi dalam rangka meminimalisir kecemasan akademik siswa. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), 111-117. https://doi.org/10.33394/jpu.v1i2.2836
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Trismiati, (2004) Perbedaan tingkat kecemasan antara pria dan wanita akseptor kontrasepsi mantap di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Jurnal Psyche, 1(1).
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: Analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26.
Zimmerman, B. J. (1989). A social cognitive view of self-regulated academic learning. Journal of Educational Psychology, 81(3), 329.