Strategi Coping Stress Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.36709/japend.v3i2.5Keywords:
mahasiswa menyelesaikan skripsi, pandemi covid-19, strategi coping stress, stressAbstract
Mahasiswa mempunyai kewajiban untuk menyelesaikan skripsi, dimana ketika memasuki fase menyusun skripsi dengan segala dinamikanya membawa tekanan psikologis tersendiri bagi mahasiswa. Berbagai aturan dan larangan pada masa pandemi Covid-19 memunculkan masalah baru bagi para mahasiswa yang menyelesaikan skripsi. Masalah klasik yang belum terselesaikan seutuhnya dan ditambah masalah baru membuat mahasiswa menjadi rentan stress. Tidak ingin terlarut dengan kondisi stress mereka sehingga muncul coping stress untuk menanggulangi masalah yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali masalah para mahasiswa yang sedang proses menyelesaikan skripsi pada masa pandemic Covid-19 serta menggambarkan strategi coping stress yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan skala perceived stress scale, wawancara individual dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil yang didapat dari penelitian bahwa terdapat 5 responden yang merasakan stres tinggi, 13 responden merasakan tingkat stres sedang dan 1 responden merasakan tingkat stres rendah. Stressor yang dialami baik dari psikologis, sosial, ekonomi dan fisik. Bentuk coping stress yang dilakukan responden antara lain problem focused coping (planful problem solving dan seeking social support), emotional focused coping (distancing, self control, accepting responsibility, escape avoidance dan positive reappraisal). Bentuk strategi coping stres berupa confrontative coping tidak nampak pada semua responden yang diteliti.
Downloads
References
Aditama, D. (2017). Hubungan antara spiritualitas dan stres pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Jurnal EL-Tarbawi, 10(2), 39–62.
Agolla, J. E., & Ongori, H. (2009). An assessment of academic stress among undergraduate students: The case of University of Botswana. Educational Research and Review, 4(2), 63-70
Aini, N. (2017). Identifying the Sources of Academic Stress and Coping Strategies in New Nursing Students. Advances in Health Sciences Research, 2, 73–81. https://doi.org/10.2991/hsic-17.2017.11
Andriyani, J. (2019). Strategi Coping Stres Dalam Mengatasi Problema Psikologis. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 37. https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6527
Chandra, J. (2014). Pengaruh stres kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada P.T. Lie Fung Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 1-20.
Chaplin, J. P. (2014). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fajar, A.S. (2016). Stress oksidatif dan status antioksidan pada aktivitas fisik maksimal. Jurnal Generasi Kampus, 9(2), 176-189.
Fatimah, M. (2019). Efektivitas teknik self talk untuk menurunkan stres remaja (thesis). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.
Folkman, S., & Lazarus, R, S. (1986). Dynamics of a stressful encounter: cognitive appraisal, coping, and encounter outcomes. Journal of Personality and Social Psychology, 50,992-1003. doi:10.1037//0022-3514.50.5.992.
Ganesan, Y., Talwar, P., Fauzan, N., & Oon, Y. B. (2018). A study on stress level and coping strategies among undergraduate students. Journal of Cognitive Sciences and Human Development, 3(2), 37–47. https://doi.org/10.33736/jcshd.787.2018
Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self disclosure dan tingkat stres pada mahasiswa yang sedang mengerjakan Skripsi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115–130. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282
Garber, M. C. (2017). Exercise as a stress coping mechanism in a pharmacy student population. American Journal of Pharmaceutical Education, 81(3), 1–6. https://doi.org/10.5688/ajpe81350
Giyarto. (2018). Stres pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta dalam mengerjakan skripsi (thesis). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Greenberg, J, S. (2013). Comprehensive stress management (13th Ed). USA: McGraw Hill Companies.
King, L. A. (2011). The science of psychology (2nd ed., Vol. 3, Issue 2). Retrieved from http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf
Lazarus, R, S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. New York: Springer Publishing Company.
Manktelow, J. (2009). Worklife : mengendalikan stress. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Neff, K. D., Kirkpatrick, K., & Rude, S. S. (2007). Self-compassion and its link to adaptive psychological functioning. Journal of Research in Personality, 41, 139–154.
Ningrum, D. W. (2011). Hubungan antara optimisme dan coping Stres Pada mahasiswa eue yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 9(1), 41–47. https://www.neliti.com/publications/126155/hubungan-antaraoptimisme-dan-coping-stres-pada-mahasiswa-ueu-yangsedang-menyus
Rice , P.L (1992). Stress and health (Ed. 2). California: Brooks & Cole Publishing Company.
Santrock J. W. (2003). Adolescence: perkembangan remaja (Edisi Keenam). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sarafino, E.P. (2006). Health psychology biopsychosocial interactions (5th ed). USA: John Willey & Sons Inc.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interactions (7th ed.). USA: John wiley & sons, Inc.
Sarafino, E, P., Smith, T, W., King, D, B., & DeLongis, A. (2015). Health psychology: biopsychosocial interactions canadian edition. USA: John Wiley & Sons.
Septiani, E. (2013). Hubungan antara tingkat stress dengan gaya humor pada mahasiswa (thesis). Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung.
Sharon-David. H., & Tenenbaum, G. (2017). The effectiveness of exercise interventions on coping with stress: research synthesis. Studies in Sport Humanities, 22(22), 19–29. https://doi.org/10.5604/01.3001.0012.6520
Siswanto. (2007). Kesehatan mental konsep, cakupan, dan perkembangan. Yogyakarta: Andi Offset.
Smet, B. (1994). Psikologi kesehatan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Suharsono, Y., & Anwar, Z. (2020). Analisis stres dan penyesuaian diri pada mahasiswa. Cognicia, 8(1), 1–12. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/cognicia/article/view/11527
Syamsu, Y. (2005). Mental hygiene perkembangan kesehatan mental dalam kajian psikologi dan agama. Bandung: Pustaka Bani Quraisy
Ukeh, M. I., & Hassan, A. S. (2018). The impact of coping strategies on psychological well-being among students of federal university, lafia, nigeria. Journal of Psychology & Psychotherapy, 08(05). https://doi.org/10.4172/21610487.1000349
Wahyuni, S., & Setyowati, R. (2020). Gambaran stress mahasiswa tingkat akhir dalam penyusunan KTI ditengah wabah COVID 19 dan sistem lockdown yang diberlakukan di kampus akper YPIB Majalengka. Jurnal AKPER YPIB Majalengka, 6(12).
Yikealo, D., & Tareke, W. (2018). Stress coping strategies among college students : a case in the college of education. Eritrea Institute of Technology Abstract : September, 1–17.