Pengaruh Permainan Lompat Tali terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak
DOI:
https://doi.org/10.36709/japend.v4i2.58Keywords:
lompat tali, motorik kasar, permainanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh permainan lompat tali terhadap keterampilan motorik kasar anak di TK Miftahul Jannah Kabupaten Jember. Rancangan penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini terdiri dari 39 orang anak TK Miftahul Jannah, dengan kelompok I dan II yang masing-masing beranggotakan 19 dan 20 orang anak. Sampel penelitian ini diambil dari siswa kelompok II dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang anak. Teknin analisis data dalam penelitia ini menggunakanPaired sample t-test, untuk mengetahui efektifitas suatu perlakuan dengan cara membandingkan mean sebelum dan sesudah perlakuan berikan. Berdasarkan uji paired sample test setelah dilakukan uji diperoleh nilai sign sebesar 0.000 yang mana nilai sign ini kurang dari 0.05 yang memiliki arti bahwa terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variable. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan permainan lompat tali terhadap kemampuan motorik kasar anak di TK Miftahul Jannah Jember dengan jumlah 20 orang anak
Downloads
References
Adpriyadi. (2017). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Permainan Tradisional Engklek pada Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan Masyarakat, 4(2), 187 –198. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.10016.
Andini, Y. T., Syamsudin, M. A., & Ulansari, F. (2022). Pengaruh Permainan Lompat Tali terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. JP2KG AUD(Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini),3(2), 97-108. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.2.97-108.
Aye, T., Oo, K. S., Khin, M. T., Kuramoto-Ahuja, T., & Maruyama, H. (2017). Gross motor skill development of5-year-old Kindergarten children in Myanmar. Journal of Physical Therapy Science, 29(10), 1772–1778. https://doi.org/10.1589/jpts.29.1772.
Flaviani, E., Supriatna, E., & Triansyah, A. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali Terhadap Hasil Belajar Lompat Tinggi Di SMPN 16 Pontianak. KHATULISTIWA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(10), http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i10.37014.
Hayati, S. N. & Putro, K. Z. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52-64. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985.
Humaedi, Saparia, A., Nirmala, B., & Abduh, I. (2021). Deteksi Dini Motorik Kasar pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 558–564. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368.
Lestari, S. D., & Puspitasari, I. (2021). Aktivitas Permainan Estafet Bola Modifikasi untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 752 –760. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1024.
Nizar, I. Z. & Ali, A. Z. (2018). Pengaruh Permainan Lompat Tali Terhadap Peningkatan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini Kelompok A Di Tk Al-Azhar Pakusari Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 2(1), 36-43. https://doi.org/10.31537/jecie.v2i1.472
Pahrul, Y., & Amalia, R. (2020). Metode Bermain Dalam Lingkaran dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Taman Penitipan Anak Tambusai Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1464–1471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.812.
Purwanto, N. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahmat. (2013). Pendidikan Islam Anak Usia Dini Konsep praktik PAUD Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Srikandi, S., Suardana, I. M., & Sulthoni. (2020). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. Jurnal Penelitian: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 5(12). http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14364
Susanti, Muslihin, H. Y., & Sumardi. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Lompat Tali bagi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. AGAPEDIA Jurnal PAUD, 5(1). https://doi.org/10.17509/jpa.v5i1.39690.
Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421
Tedjasaputra, Mayke S. (2014). Bermain, Mainanan, dan, Permainan:Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Grasindo.
Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melaluiKegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347
Widarto, D. A. S., Sugiharto, & Supriyadi. (2021). Pengaruh Pembelajaran Play & Games dengan Mendengarkan Musik terhadap Perkembangan Keterampilan Gerak Dasar Motorik Anak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(5). https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i5.14575.
Zeng, N., Ayyub, M., Sun, H., Wen, X., Xiang, P., & Gao, Z. (2017). Effects of Physical Activity on Motor Skills and Cognitive Development in Early Childhood: A Systematic Review. Physical Activity in Children’s Health and Cognition, 1–13. https://doi.org/10.1155/2017/2760716