Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Sains
Keywords:
kepraktisan, lkpd elektronik, pendekatan sainsAbstract
Lembar Kerja Siswa Elektronik (LKPD elektronik) berbasis pendekatan sains materi pertumbuhan dan perkembangan dengan tujuan menghasilkan LKPD elektronik yang memenuhi kriteria praktis. LKPD elektronik dirancang dan dikembangkan menggunakan Canva, dan Liveworksheets. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket respon peserta didik dan angket respon guru untuk menilai kepraktisan produk LKPD. Implementasi LKPD elektronik dilakukan di SMA Negeri 4 Bantaeng dengan subjek penelitian yaitu 3 orang guru biologi, dan 30 orang peserta didik kelas XII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kepraktisan LKPD elektronik melalui respon guru sebesar 94,17%, dan peserta didik 89,86%, maka dapat disimpulkan bahwa LKPD elektronik berbasis pendekatan saintifik materi pertumbuhan dan perkembangan memiliki kriteria sangat praktis.
Downloads
References
Adnan, Abimanyu, S., Bundu, P., & Arsyad, N. (2014). The Improving of Junior High School Student in Learning Motivation Through Implementation Contructivistic Biology Learning Model Based on Information and Communication Technology. Journal of Education and Practice, 5(2), 63–71.
Adnan, Muharram, & Jihadi, A. (2019). Pengembangan E-book Biologi Berbasis Konstruktivistik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Kelas XI. Indonesian Journal Of Educational Studies, 22(2), 112–119. https://doi.org/10.26858/ijes.v22i2.11773
Adnan, Mulbar, U., Sugiarti, & Bahri, A. (2021). Biology Science Literacy of Junior High School Students in South Sulawesi, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1752(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1752/1/012084
Akbar, T. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Ipa Berorientasi Guided Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V Sdn Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan, Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1120–1126. https://doi.org/10.17977/jp.v1i6.6456
Amali, K., Kurniawati, Y., & Zuhiddah. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 191-202.
Andriana, E., Alamsyah, T.P., & Tambun, I. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Saintifik Kontekstual Materi Peristiwa Alam Beserta Mitigasi Bencana. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 163-171. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4421
Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono, D. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 72. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.8204
Hasrawati, Adnan, & Hartati. (2019). Uji Validitas Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Discovery Learning untuk Siswa SMAN pada Konsep Sistem Pencernaan. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI, 6, 299–305.
Irfana, S., Yulianti, D., & Wiyanto. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Unnes Physics Education Journal, 8(1), 83-89. https://doi.org/10.15294/upej.v8i1.29517
Kurniawati, T., Kusumaningsih, C., & Rhamadiyanti, Y. (2017). Pengembangan Draft Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Basic Reading Program Studi Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Bahasa, 2(2), 281-293.
Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 170-177. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245
Muslich, M. (2010) . Text Book Writing. Jogjakarta: Ar-ruzz.
Mustami, M. K., & Gufran, D. D. (2017). Development Of Worksheet Students Oriented Scientific Approach At Subject Of Biologi. India. Man In India, 96(4).
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Septina, N., Farida, F., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Tatsqif, 16(2), 160–171. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.200
Sitepu, B.P. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2007). Media Pembelajaran. Sinar Baru Algesindo
Sutarman, I. W. A., Kristantari, R., & Ganing, N. N. (2018). Keterampilan Menyimak Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Cita-Citaku Pada Siswa Kelas IV di SDN Desa Peguyangan Ditinjau Dari Jenis Pertanyaan Guru Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11.
Widyasti, N. M. S., Wiratma, I. G. L., & Muderawan, I. W. (2020). Uji Validasi Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 79–85. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.15591