Identifikasi Sumber Belajar yang Mendukung Pembelajaran Biologi SMA
DOI:
https://doi.org/10.36709/japend.v4i1.21Keywords:
pembelajaran biologi, sumber belajar, taman nasional bantimurungAbstract
Observasi awal di Taman Nasional Bantimurung ditemukan berbagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber belajar yang dapat mendukung pembelajaran biologi pada mata pelajaran tingkat SMA di Bantimurung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah tempat yang mendukung pembelajaran biologi di Taman Nasional Bantimurung. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan keterkaitan kompetensi dasar pada pembelajaran biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar yang mendukung pembelajaran biologi tingkat SMA di Bantimurung sebanyak 8 lokasi. Dengan objek yaitu; tumbuhan paku, lumut, anggrek, benalu, ulat, kepompong, kupu-kupu, soa-soa, kaki seribu, keladi, cacak gading, jamur, burung cekakak sungai, burung cabai panggul kuning, laba-laba dan kumbang.
Downloads
References
Adnan. (2015). Model Pembelajaran Biologi Konstruktivistik Berbasis TIK (MPBK Berbasis TIK) untuk Siswa SMP. Journal of EST, 1(1), 1 – 11.
Adnan, Kurnia, N., & Saenab, S. (2016). Pemanfaatan Catharanthus roseus sebagai Sumber Belajar IPA SMP dan Biologi SMA. Jurnal Bionature, 17(2), 97-101.
Adnan, Mulbar, U., Sugiarti, & Bahri, A. (2019). Biology Science Literacy of Junior High School Students in South Sulawesi, Indonesia. Journal of Physics, 1752, 012084.
Arsal, Faridah, A., & Dirawan. (2017). Identifikasi Sumber Belajar pada Pembelajaran Berbasis Lingkungan di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sainsmart, 6(2).
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Banjarmasin: Penerbit Laksita Indonesia.
Djumingin, S. (2016). Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Farhan, M. R., Lestari, S., Adawiyah, H. R., Nasrullah, M., Asiyah, N., & Triastuti, A. (2019). Analisis Vegetasi Tumbuhan di Resort Pattunuang-Karaenta Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Makassar: Penerbit Jurusan Biologi FMIPA UNM Kampus UNM Parangtambung Jalan Malengkeri Raya.
Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Garudhawaca.
Kadir, Awang, A., Awang, S. A., Purwanto, R. H., & Poedjirahajoe, E. (2013). Analisis Stakeholder Pengelolaan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Manusia dan Lingkungan, 20(1), 11-21.
Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mulyasa. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ningsih, A. (2018). Taman Wisata Alam Bantimurung Sebagai Objek Wisata Unggulan di Kabupaten Maros. Domestic Case Study, 18.
Purnawati, H. (2016). Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sekitar Sekolah pada Peserta didik Kelas V SDN Deyangan 2. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 30(5).
Qiptiyah, Maryatul., & Setiawan, H. (2012). Kepadatan Populasi dan Karakteristik Habitat Tarsius (Tarsius spectrum Pallas 1779) di Kawasan Patunuang, Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, Sulawesi Selatan (Population Density and Habitat Characteristics of Tarsier (Tarsius spectrum Pallas 1779) at Patunuang Area, Bantimurung-Bulusaraung National Park, South Sulawesi). Junal Penelitian Hutan dan Konsevasi Alam, 9(4).
Sanjaya, W. (2008). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenata Media Group.
Setyaningrum, Oktorini, & Dewi. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar pada Pembelajaran Sains di Kelas IV B SD Negeri 64/1 Muara Bulian. Jurnal Pendidikan, 1(1).
Sianturi, S., & Gulton, T. (2016). Analisis Kesulitan Belajar dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata pelajaran Biologi Peserta Didik Kelas x di SMA Negeri 1 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(1).
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriadi. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2).
Sulastri, A. (2016). Penerapan Pendekatan Konsektual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).