Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Materi Genetik Kelas XII SMA/MA

Authors

  • Sunsun Sahertian Deby Irawan Universitas Negeri Makassar
  • Halifah Pagarra Universitas Negeri Makassar
  • Adnan Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.36709/japend.v4i1.36

Keywords:

lkpd elektronik, pendekatan saintifik, praktis, teknologi pembelajaran, valid

Abstract

Observasi awal di MAN 1 Kota Makassar ditemukan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan di sekolah masih bersifat tekstual dan kurang menarik. Teknologi pembelajaran berupa bahan ajar elektronik membuat para pendidik akan mudah melakukan simulasi pembelajaran yang mendekati kondisi nyata dari suatu materi pembelajaran yang perlu penalaran tinggi.  LKPD elektronik dengan dasar pendekatan saintifik dapat membekali peserta didik dengan mengembangkan pemahaman yang baik sesuai dengan teori atau konsep ilmiah yang disajikan sebelum mengerjakan LKPD elektronik  tersebut. Penelitian ini  bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD elektronik berbasis pendekatan saintifik yang bersifat valid dan praktis yang dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Hasil analisis menunjukkan kevalidan 4.45 yang berarti LKPD elektronik masuk ke dalam kategori “valid”. Untuk uji kepraktisan diperoleh nilai 96,5 % (sangat positif) oleh guru dan diperoleh nilai 87,43 (sangat positif) oleh peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa produk LKPD elektronik berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan bersifat valid dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, & Halifah. (2019). Karakteristik Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada SMA Biologi di Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasioal Biologi VI, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar.

Adnan, Muharram, & Jihadi, A. (2019). Pengembangan E-book Biologi Berbasis Konstruktivistik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik SMA Kelas XI. Indonesian Journal Of Educational Studies (IJES), 22(2), 112-119.

Anwar, R. (2014). Hal-Hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1), 97. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2987

Ariani, D. N. (2015). Penelitian hubungan antara technological pedagogical content knowledge dengan technology integration self efficacy guru matematika di sekolah dasar. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 79–91.

Askar, I. S. (2016). Penerapan Pendekatan Scientific dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Konsep Sistem Ekskresi Manusia Peserta didik Kelas VIII A SMP Negeri 2 Sibulue Kabupaten Bone. Jurnal Perspektif, 1(2), 135-144.

Blanchard, J. (2002). Teaching and targets: Self-evaluation and school improvement. London: RoutledgeFalmer.

Daud, F., & Rahmadana, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis e-Learning pada Materi Ekskresi Kelas XI IPA 3 SMAN 4 Makassar. Jurnal Bionature, 16(1), 28-36.

Devi, P. K. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan IPA.

Ellis, R. K. (2009). Field Guide to Learning Management Systems. ASTD Learning Circuits.

Hafsah, N., Rohendi, D., & Purnawan. (2016). Penerapan media pembelajaran modul elektronik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran teknologi mekanik. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), 106–112

Julianti, D. P., & Sumarmin, R. (2018). The Development of Student Worksheet Based on Scientific Approach on Environmental Pollution Topic For Junior High School Student Grade VII. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 10(1), 11-18.

Khuluqo, E. I. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.

Kusdiningsih, E. Z. (2016). Pengembangan LKPD Berbasis Kemampuan Argumentasi dengan Menggunakan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Literasi Sains. (Universitas Lampung)

Majid, A. (2009). Perencanaan pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Maryani, I., & Fatmawati. L. (2015). Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar (Teori dan Praktek). Yogyakarta: Deepublish.

Masdi, S. F. (2019). Pengembangan LKPD Biologi Pada Materi Ekosistem Sebagai Media Pembelajaran Pada Kelas X MA Madani Alauddin Pao-Pao. (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Muazizah, N. M., Nurhayati, S., & Cahyono, E. (2017). Keefektifan Penggunaan E-learning Berbasis Moodle Berpendekatan Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2), 1760 - 1768

Nurdyansyah, & Eni, F. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Nizamia Learning Center.

Oyanagi, W., & Satake, Y. (2016). Capacity Building in Technological pedagogical Content Knowledgefor Preservise Teacher. International Journal for Educational Media and Technology,10(1),33–44.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Kencana.

Race, W. H., & Nash S .S. (2010). Moodle 1.9 teaching techniques : Creative ways to build powerful and affective online course. Birmingham: PACKT Publishing.

Ria, I., & Zulkifli, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Kelas X SMA/MA Pada Materi Pokok Protista Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 12(1), 1–6.

Ridwan.(2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sari, K. N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria. (Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung).

Sari, A. P. P., & Lepiyanto, A. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Peserta didik SMA Kelas X Pada Materi Fungi. Bioeduksi, 7(1), 8.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suhirman. (2018). Pengelolaan Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1).

Susantini, E. 2011. Strategi Pembelajaran Genetika Yang Efektif di SMA. Workshop Penguasaan, Pengembangan, dan Pemanfaatan Genetika Kerjasama Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar-Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI). Surabaya.

Syafiuddin, Hala, Y., & Danial, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Peserta Didik MAN Dampang Bantaeng. Bionature, 17(1).

Taiyeb, A. M., & Sekarsari, A. (2014). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta didik (Lks) Biologi Yang Terintegrasi Kurikulum Cambridge Untuk SMA Kelas XI Semester II. Bionature, 15(1), 23–28.

Wibowo, A. L.P. 2009. Pengaruh Pendekatan Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar serta Sikap terhadap Ekosistem Sungai Peserta didik Kelas X SMAN 9 Malang. (Universitas negeri Malang).

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS Surabaya.

Zuhdan, K. (2013). Pemantapan Penguasaan Materi PPG, Konsep dasar Pendidikan IPA. FMIPA UNY.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Irawan, S. S. D. ., Pagarra, H. ., & Adnan. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Materi Genetik Kelas XII SMA/MA. Jurnal Amal Pendidikan, 4(1), 21–32. https://doi.org/10.36709/japend.v4i1.36