Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Authors

  • Ristantia Wahid Universitas Halu Oleo
  • Busnawir Universitas Halu Oleo
  • Latief Sahidin Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/japend.v3i3.19

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah matematis, model think talk write, pembelajaran kooperatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meliputi pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa VII SMP Negeri 5 Kendari. Populasi penelitian ini seluruh siswa VII SMP Negeri 5 Kendari yang terdistribusi dalam 11 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dan terpilih 2 kelas, yakni kelas VII¬-I sebagai kelas ekperimen dan kelas VII-J sebagai kelas kontrol yang model digunakan pembelajaran Konvensional. Penentuan kelas eksperimen dan control ditentukan secara acak.  Kedua kelas mempunyai kemampuan pemecahan masalah matematis yang relatif sama. Desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model pemebelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kendari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansari, B. I. (2009). Komunikasi Matematika. Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh Devisi Penerbitan.

Ansari, B, I., & Yamin, M. (2012). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: GP Press Group.

Dahar, R.W. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga

Misu, L., & Rosdiana. (2013). Pengembangan Teori Pembelajaran Perilaku Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa di SMA. Prodising Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika

Muchlis, E. E. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. Jurnal Exacta, 10(2), 136-139.

Murdiana, I. N. (2015). Pembelajaran Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-11.

National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics Reston. VA: NCTM.

Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Priansa, D. J. (2015). Manajemen Kelas. Guru Profesional yang inspiratif, kreatif, Menyenangkan dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.

Tahir, M, Sani, A., & Samparadja, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Quipper Dan Textbook Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 45-56.

Wagisan. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. (Pasca Sarjana Universitas Halu Oleo).

Zainal, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Wahid , R. ., Busnawir, & Sahidin , L. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Amal Pendidikan, 3(3), 223–233. https://doi.org/10.36709/japend.v3i3.19