Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Garis Bilangan
DOI:
https://doi.org/10.36709/japend.v4i1.48Keywords:
kesalahan konsep, kesalahan prinsip, hitung bilanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kesalahan-kesalahan yang dilakukan peserta didik kelas VII SMP dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung bilangan bulat pada garis bilangan; (2) Faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik kelas VII SMP melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung bilangan bulat pada garis bilangan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: 1) Kesalahan-kesalahan peserta didik kelas VII SMP dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung bilangan bulat pada garis bilangan yaitu kesalahan konsep dan kesalahan prinsip penjumlahan, pengurangan, dan perkalian bilangan bulat; 2) Faktor-faktor penyebab peserta didik kelas VII melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal operasi hitung bilangan bulat pada garis bilangan adalah: Pengelolaan kelas yang tidak begitu baik, pembelajaran berkelompok yang tidak efektif, dan penjelasan guru dalam memberikan contoh tidak lengkap sehingga peserta didik tidak memahami secara sempurna tentang contoh yang diberikan.
Downloads
References
Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Amir, M., F. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Linear. Jurnal Edukasi, 1(2), 159-169.
Apryani, T., Kadir, Prajono, R., & Salim. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP Pada Materi Garis Dan Sudut. . Jurnal Amal Pendidikan, 2(3), 180-195.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembalajaran. Bandung: Alfabeta.
Astutik, Y. (2015). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 3(1).
Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya.
Badaruddin., Kadir., & Anggo, M. (2016). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 43-56.
Cahyawati , H. ., Salam , M. ., & Salim. (2022). The Effect of Problem based learning Model to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability. Jurnal Amal Pendidikan, 3(3), 212–222.
Debi, S., Kadir, Masi, L., & Salim. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Amal Pendidikan, 2(2), 130-147.
Djadir., Eru. L, & Darwis. M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Daya Matematis, 4(1), 36-50.
Evianti, R., Jafar., Busnawir., & Masi, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX MTs Negeri 2 Kendari Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 138-149.
Mamik. (2015). Metode Kualitatif. Sidoarjo: Zifata.
Misbahuddi, & Hasan, I. (2013). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Nuryanto, Hasnawati, & Salim. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Amal Pendidikan, 3(1), 53-63.
Sudi, W., Jafar, Kadir, & Salim. (2022). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Literasi Matematika Siswa. Jurnal Amal Pendidikan, 3(2), 160–171.
Solido, A., Misu. L, & Salam, M. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soall Matematika Materi Pokok Limit Fungsi Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). 1-13.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedra Group.
Yulia, R., Fauzi., & Awaluddin. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Mengerjakan Soal Matematika Di Kelas V SDN 37 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 124-131.