Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Literasi Matematika Siswa

Authors

  • Wa Sudi Universitas Halu Oleo
  • Jafar Universitas Halu Oleo
  • Kadir Universitas Halu Oleo
  • Salim Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/japend.v3i2.7

Keywords:

literasi matematika, pembelajaran matematika, realistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap literasi matematika siswa MTs Al-Ikhlas Raha. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Ikhlas Raha tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam 2 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Total Sampling.Sedangkan penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak. Kelas VII­I-1 sebagai kelas ekperimen yang diajardengan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalahPosttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes literasi matematika berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial melalui uji-t pada α=0,05. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik efektif terhadap literasi matematika siswa di kelas VIII MTs Al-Ikhlas Raha dilihat dari rata-rata literasi matematika siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata literasi matematika siswa kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arvyaty, Salim, & Maryanti, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dengan Pendekatan Metacognitive Guidance. Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, 2, 19-29.

Arvyaty, Salim, & Maryanti, E. (2018). Design of Teaching Material Literacy Mathematical Nuanced in Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1), 012140.

Fachrurazi. (2017). Pembelajaran Matematika Realistik Di Sekolah Dasar Pada Materi FPB dan KPK dengan Model Penyajian Paket Makanan. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(2), 113-122.

Hermawan, R. (2010). Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Pemahamansiswa Tentang Bangun Datar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2),

Hobri. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center for Society Studies.

Jafar, Budayasa, & Juniati. (2018). Profile of Mathematics Education Students, Understaning with Moderate Mathematics Ability in the Aspect of Dissection of Group. Variabel, 1(1), 26-35.

Jazuli, L. A. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Subtopik Luas Permukaan Kubus, Balok, Prisma,dan Limas di Kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari. (Universitas Negeri Surabaya).

Kadir. (2010). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Potensi Pesisir Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemevahan Masalah Matematis, Komunikasi Matematis, dan Keterampilan Sosial Siswa SMP. (Universitas Pendidikan Indonesia).

Maryanti, E. (2012). Peningkatan Literasi Matematis Siswa melalui Pendekatan Metacognitive Guidance. (Universitas Pendidikan Indonesia).

Mbagho, H. M., & Tupen, S., N. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Bilangan Pecahan. Jurnal Basicedu, 5(1), 121-132.

Mia, S, & Tiya, K. (2014). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri di Kota Raha. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 89 - 99.

Muslimah, H., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(1).

Ningsih. S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73-94.

OECD. (2018). PISA 2015 In Focus. Retrieved 8 September 2018 from https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf

Qasim, Kadir, & Awaludin. (2015). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri di Kabupaten Buton Utara”, Jurnal penelitian pendidikan matematika, 3(3), 110-117.

Salim, & Prajono, R. (2018). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 9 Kendari. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 594-602.

Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131–142. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Sudi, W., Jafar, Kadir, & Salim. (2022). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Literasi Matematika Siswa. Jurnal Amal Pendidikan, 3(2), 160–171. https://doi.org/10.36709/japend.v3i2.7

Most read articles by the same author(s)