Analisis Pemahaman Guru dan Siswa Terhadap Etnomatematika Kain Tolaki
DOI:
https://doi.org/10.36709/japend.v3i3.20Keywords:
etnomatematika kain tolaki, pemahaman, pemanfaatanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru dan siswa SMP Negeri 36 Konawe Selatan terhadap etnomatematika kain tolaki. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 36 Konawe Selatan yang terdistribusi dalam 2 kelas. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa observasi, kuesioner, wawancara, respon bahan ajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian, diperoleh kesimpulan pemahaman guru dan siswa SMP Negeri 36 Konawe Selatan terhadap etnomatetika umumnya berada pada kategori pemahaman sedang dengan persentase 76,47%, selain itu respon guru dan siswa terhadap bahan ajar berbasis etnomatematika kain tolaki sangat baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika disekolah.
Downloads
References
Adriani, S. A., Kadir., Salam, M., & Ikman. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Raha. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 66-76. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5645
Andriyani, & Kuntarto, E. (2017). Etnomatematika: Model Baru dalam Pembelajaran, Jurnal Gantang, 2(2), 133-144. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.203
Agustin, M., Yensin, N. A., & Rusdi. 2017. Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 66-71. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.66-72
Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta.
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta
Permendikbud nomor 68 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/madrasah Tsanawiyah. Jakarta
Safarudin, Fahinu & Kadir. (2018). Eksplorasi Etnomatematika Pasali Masyarakat Buton. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 3(1), 61-72.
Sirate, S. F. (2011). Studi Kualitatif Tentang Aktivitas Etnomatematika dalam Kehidupan Masyarakat Tolaki. Lentera Pendidikan, 14(2), 123-136. https://doi.org/10.24252/lp.2011v14n2a1
Tandililing, E. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di Sekolah. PROSIDING: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 193-202.