Analisis Pemahaman Guru dan Siswa Terhadap Etnomatematika Kain Tolaki

Authors

  • Muhammad Ramdhan Universitas Halu Oleo
  • Kadir Universitas Halu Oleo
  • Rahmad Prajono

DOI:

https://doi.org/10.36709/japend.v3i3.20

Keywords:

etnomatematika kain tolaki, pemahaman, pemanfaatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pemahaman guru dan siswa SMP Negeri 36 Konawe Selatan terhadap etnomatematika kain tolaki. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 36 Konawe Selatan yang terdistribusi dalam 2 kelas. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa observasi, kuesioner, wawancara, respon bahan ajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian, diperoleh kesimpulan pemahaman guru dan siswa SMP Negeri 36 Konawe Selatan terhadap etnomatetika umumnya berada pada kategori pemahaman sedang dengan persentase 76,47%, selain itu respon guru dan siswa terhadap bahan ajar berbasis etnomatematika kain tolaki sangat baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika disekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriani, S. A., Kadir., Salam, M., & Ikman. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Raha. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 66-76. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5645

Andriyani, & Kuntarto, E. (2017). Etnomatematika: Model Baru dalam Pembelajaran, Jurnal Gantang, 2(2), 133-144. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.203

Agustin, M., Yensin, N. A., & Rusdi. 2017. Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 66-71. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.66-72

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta

Permendikbud nomor 68 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/madrasah Tsanawiyah. Jakarta

Safarudin, Fahinu & Kadir. (2018). Eksplorasi Etnomatematika Pasali Masyarakat Buton. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 3(1), 61-72.

Sirate, S. F. (2011). Studi Kualitatif Tentang Aktivitas Etnomatematika dalam Kehidupan Masyarakat Tolaki. Lentera Pendidikan, 14(2), 123-136. https://doi.org/10.24252/lp.2011v14n2a1

Tandililing, E. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di Sekolah. PROSIDING: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 193-202.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Ramdhan , M. ., Kadir, & Prajono, R. . (2022). Analisis Pemahaman Guru dan Siswa Terhadap Etnomatematika Kain Tolaki . Jurnal Amal Pendidikan, 3(3), 234–241. https://doi.org/10.36709/japend.v3i3.20