Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampun Dasar Matematika Siswa

Authors

  • Sunggiarti Universitas Halu Oleo
  • Jafar Universitas Halu Oleo
  • Latief Sahidin Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/japend.v3i2.6

Keywords:

kemampuan dasar, matematika, pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemampuan dasar matematika (KDM )  siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII3 yang masing-masing subjek mempunyai KDM tinggi, sedang, dan  rendah. Penentuan subjek berdasarkan hasil TKDM. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan dasar matematika (TKDM), tes pemecahan masalah matematis (TPMM) serta wawancara, adapun pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, tahapan pemecahan masalah matematis siswa: (1) tahap memahami masalah, SKT  dan SKS dapat menuliskan unsur-unsur yang diketahui  dan yang ditanyakan dengan lengkap. Sedangkan, SKR hanya menuliskan sebagian. (2) tahap merencanakan pemecahan masalah, SKT dan SKS dapat menuliskan sebagian rumus dari unsur yang diketahui dan unsur-unsur yang ditanyakan untuk menyelesaikan soal. Sementara, SKR sama sekali tidak dapat menuliskan (3) tahap melaksanakan rencana, SKT dengan tepat mensubtitusi informasi ke dalam rumus yang telah ditentukan. Sedangkan SKS kurang tepat mensubtitusi dan SKR tidak mensubtitusi (4) Tahap melihat kembali, SKT menuliskan caranya sendiri dalam memeriksa kembali hasil pekerjaan. Sedangkan, SKS dan SKR tidak menuliskan caranya sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL Untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151-160.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasioanal Republik Indonesia Tentang Standar Isi Dan Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta.

Ellison, J. G. (2008). Increasing Problem Solving Skills In Fifth Grade Advanced Mathematics Students. Journal of Curriculum and Instruction, 3(1), 15.

Febriana, E. (2015). Profil Kemampuan Spasial Siswa Menengah Pertama (SMP) Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Dimensi Tiga Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Elemen, 1(1), 13-23.

Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562-569.

Heryani, E., Sahala, S., & Oktavianty, E. (2018). Kemampuan Dasar Matematika Berbantuan Booklet Untuk Meremediasi Kesalahan Penyelesaian Soal Peserta Didik Di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7), 1-9.

Krulik, S., & Rudnick, J. A. (1995). The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School. Boston : Temple University.

Natsir, Kadir, & Samparadja, H. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Saintifik Problem posing. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 114-121.

Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Pemecahkan Masalah Matematis menurut Teori Polya. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181-190.

Prihastuti, W. S., Hudiono, B., & Hartoyo, A. (2013). Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Dasar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(12), 1-16.

Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siwa Smp Pada Materi Bilangan Bulat. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 60-66.

Setyadi, D., Masi, L., Salim, & Kadir. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Belajar. Jurnal Amal Pendidikan, 1(1), 63-39.

Siswono, T.Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Yunaeti, N., Arhasy, E. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Menurut Teori John Dewey Ditinjau Dari Gaya Belajar. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(1), 10-21.

Zain, M., Indris, M., & Rizal, M. (2016). Analisis Pemecahan Masalah Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palu. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3).

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Sunggiarti, Jafar, & Sahidin, L. . (2022). Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampun Dasar Matematika Siswa. Jurnal Amal Pendidikan, 3(2), 146–159. https://doi.org/10.36709/japend.v3i2.6